Perkembangan Multimedia
Setelah membahas manfaat multimedia dalam bidang pendidikan maupun bidang Sistem Informasi, kini akan menyinggung tentang perkembangan dari multimedia. Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada
awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra
penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak
rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara).
a. Peningkatan interaksi antara user dan sistem (TV Interaktif)
TV
masa depan selain bersuara, berwarna, juga bisa beraroma. Otak manusia
membagi aroma menjadi 30 lebih jenis, misalnya aroma kayu, aroma bunga,
aroma rumput dan lain sebagainya. Itulah perkembangan produk teknologi
di masa depan.
Contoh Aplikasi TV Interaktif :
Jauh
pada akhir 1990 sudah ada perusahaan yang pada tahap awal berhasil
meneliti teknik bebauan sintetis, mampu membuat hampir semua aroma yang
ditemui setiap hari. Tetapi pada TV seiring dengan perubahan gambar,
bagaimana mencegah aroma yang berbeda tidak tercampur dan berubah ke
jenis aroma lainnya, serta bagaimana menangkal bau yang tak mau lenyap
yang belum sinkron dengan gambar ditampilkan.
Metode
perusahaan Xin Li, Jepang ialah menghindari hidung, namun langsung
menyerang bagian otak. Di dalam hak ciptanya, Xin Li menggunakan
ultrasonik langsung merangsang bagian tertentu pada otak manusia,
membuat penonton atau pemain toy mengira mengendus aroma tertentu. Namun
teknik tersebut masih sangat primitif, jalan ke masa depan masih agak
panjang.
a. Alat penterjemah langsung
Perusahaan
SRI, AS, pernah mengembangkan sebuah software pengenal suara IraqComm
dan penerjemahan kepada tentara pendudukan AS di Iraq, di saat bicara
bahasa Arab dan diarahkan ke mikrofon, komputer dengan segera
menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan melafalkan bahasa terjemahannya.
Ilmuwan
di Universitas Carnegie Mellon Pittsburg, AS, sedang membuat sistem
serupa dinamakan Speechalator, bisa digunakan pada palm sized note book
dan PDA. Meskipun dewasa ini daya perbendaharaan-katanya terbatas, namun
bantuan komunikasi IraqComm bagi tentara AS dan orang Iraq sangat
besar.
b. Desain gadget masa depan ala mahasiswa
Salah
satu karya yang diikutsertakan dalam INAICTA 2010 adalah desain gadget
“box” yang tampak sangat futuristis dan menawan. Adalah Sandy Winata
seorang mahasiswa multimedia semester 7 yang memiliki visi dan ide
menarik tentang gadget masa depan rekaannya. “Desain produk ini memiliki
ukuran pocket, lebih besar daripada handphone, dan lebih kecil daripada
notebook, sehingga produk tersebut dapat menjadi sebuah gadget yang
powerful dan efisien.” kata Sandy. Untuk mendesain prototype produk ini
Sandy bahkan telah menuliskan detil, komponen, dan teknologi yang akan
dibenamkan dalam gadget ini secara rinci. Misalkan fitur-fitur seperti
Smartphone, Desktop Computer, Advance 3D GPS, Multi-Platform Gaming
(NDS, PSP, GBA, dan JAVA), HD Camera and Video, dan Internet yang dapat
menggabungkan semua sinyal yang ada (HSUPA, HSDPA, UMTS, GPRS, EDGE, dan
WLAN) untuk mendapatkan bilangan bandwitdth yang lebih besar.
Selain
membuat desain produk “box” ini, Sandy juga menciptakan sendiri logo
produk dan logo perusahaan rekaannya. “Melihat berbagai penggabungan
teknologi yang ada, maka produk ini ditargetkan untuk semua kalangan
yang ada di dunia, terutama mereka yang sangat lekat dengan digital
media. Oleh karena itu semua komponen yang ada di dalam produk ini
(Nama, Tagline, dan logo) haruslah muda diingat orang dan unik” kata
Sandy.
a. Software untuk mengirim pesan
Dekat
ke sini dan sekarang adalah MPEG muncul 4 kompresi video standar,
subyek presentasi oleh Dirk Lappe, manajer proyek dari sejumlah Uni
Eropa yang disponsori proyek multimedia mobile dan pemimpin kelompok
sistem multimedia mobile di Jerman Robert Bosch GmbH .
MPEG
4 segmen sinyal video menjadi beberapa bagian, kode secara terpisah
sebagai objek dan mengirimkan objek ke penerima. MPEG 4 kemudian tetes
elemen asing dari sinyal, mempertahankan yang sesuai dengan aplikasi
tertentu dan kecepatan link.
Sebagai
contoh, pengguna terminal mobile multimedia mungkin tidak memiliki
tingkat bit link untuk mendukung latar belakang sinyal video, sehingga
latar belakang bisa dihasilkan secara lokal oleh terminal, kata Lappe.
Dengan demikian, MPEG 4 harus memainkan peran penting dalam mengatasi
keterbatasan sisa kecepatan terminal mobile dan seluler yang digunakan
untuk aplikasi multimedia.
MPEG 4, yang mundur-kompatibel dengan MPEG 2, dijadwalkan akan dibakukan oleh 1998.
"Ini akan sangat penting untuk memasukkan MPEG 4 protokol dalam stack protokol UMTS," kata Lappe.
KARANG
LINK DENGAN ORACLE Sistem Karang telah mengembangkan sebuah versi yang
kompatibel dengan perangkat lunak Oracle FraudBuster untuk operator PCS
yang menggunakan Oracle Universal Server. Perusahaan juga telah
bergabung dengan jaringan Oracle Aliansi bisnis global.
Sentigram
Selimut UTARA WirelessNorth telah memilih sentigram Komunikasi untuk
menyediakan pesan suara untuk PCS Jaringan di Iowa, Minnesota, Dakota
Utara dan Selatan, dan Wisconsin. pembawa akan menyebarkan sentigram
Seri 6 server komunikasi.
Kelompok
untuk merancang dan pasar disesuaikan messaging software untuk jaringan
Houston Cellular. Perangkat lunak SmartText pesan memungkinkan pengguna
untuk mengirim pesan teks dari PC ke telepon selular digital.
b. DVD bisa diputar 600 tahun
Pada
tahun 2029, 11 petabyte storage yang dapat menyimpan video berkualitas
DVD untuk diputar selama 600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari, akan
tersedia seharga $100.
c. Peningkatan jaringan internet
Dalam 10 tahun ke depan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat.
d. Jaringan lalu lintas
Pada
tahun 2013, lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabyte
perbulan. Sekarang ini, jaringan di seluruh dunia mentrasnfer data lebih
dari 9 exabyte per bulan.
e. Komputer kuantum komersial
Komputer
kuantum komersial yang pertama akan tersedia pada pertengahan tahun
2020. Pada tahun 2020, PC seharga $1.000 akan memiliki kemampuan
memproses setara dengan otak manusia.Pada tahun 2030, Kemampuan
memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak
sekampung manusia. Pada tahun 2050 (dengan mengasumsikan bahwa jumlah
total populasi dunia adalah 9 miliar), kemampuan memproses PC seharga
$1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak keseluruhan manusia di bumi.
f. Google
Pada tahun 2015, Google akan mengindex sekitar 775 miliar halaman konten.
g. USB Mungil Berkapasitas 100 Terabyte
Di
zaman serba mobile seperti sekarang ini, konsumen menginginkan semua
pekerjaan bisa dilakukan secara ringkas tanpa merepotkan harus
membawa-bawa tempat penyimpanan data yang ribet misalnya. USB mungil
berkapasitas 100 Terabyte menjadi salah satu produk yang diimpikan di
masa mendatang.
Bayangkan
bagaimana jika USB berkapasitas 100 Terabyte alias 100.000 GB (1
Terabyte: 1000 GB) ada di saku Anda! Anda bisa membawa seluruh data yang
diinginkan. Produk ini potensial segera menjadi kenyataan dengan adanya
penelitian tentang kemungkinan penggunaan protein sebagai metode
penyimpanan data.
h. Dunia Virtual yang Nyata
Dunia
virtual seperti halnya game Second Life memang menyenangkan. Namun,
dunia virtual seharusnya diciptakan tidak jauh berbeda dari dunia nyata,
misalnya seperti dalam film The Matrix, film tentang dunia maya.
Sumber : http://princesspelangi.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar