Rabu, 24 November 2010

PERTUMBUHAN PENDUDUK INDONESIA

Posted by rachman On 08.57 No comments

Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Dari pertambahan absolut penduduk Indonesia ini selama tahun 1930 sampai tahun 2005, dapat diringkaskan pertambahan penduduk Indonesia persatuan waktu adalah sebesar setiap tahun bertambah 2,04 juta orang pertahun atau, 170 ribu orang perbulan atau 5.577 orang perhari atau 232 orang perjam atau 4 orang permenit



Pemerintah menyatakan waspada terhadap rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia per tahun yang tercatat pesat. Pasalnya, hal itu menjadi ancaman membeludaknya tingkat pengangguran. Maklum saja, berdasarkan hasil sensus badan Pusat Statistik (BPS), menunjukkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor empat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.
“Persoalannya tidak sebatas jumlah penduduk saja, tapi yang jadi soal adalah ketenagakerjaan. Imbasnya akan ke sana,” kata Staf Khusus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Dedy Masykur Riyadi, Senin (18/10).
Menurutnya, salah satu penyebab lonjakan pertumbuhan penduduk adalah kurang efektifnya program keluarga berencana (KB) yang sesungguhnya di desain untuk mengerem laju pertumbuhan penduduk. “Tapi lonjakan pertumbuhan penduduk memang makin sulit dibendung dan dikendalikan," ucapnya.
Sayangnya, Pemerintah belum memiliki skema lain yang diyakini mampu menahan pertumbuhan penduduk. “Dulu ada transmigrasi, tapi juga tidak berhasil. Satu-satunya cara hanya lewat revitalisasi KB. Tapi kita sudah tidak bisa memaksakan orang untuk KB seperti dulu,” terangnya.
Dedy menyebutkan, berdasarkan data yang dilansir Dewan Perwakilan Daerah (DPD), laju pertumbuhan penduduk Indonesia mencapai 1,49% per tahun atau di atas proyeksi pemerintah yang menetapkan angka di kisaran 0,74% hingga 1,18% per tahun.
Bappenas memang sudah memprediksi bahwa laju pertumbuhan penduduk akan melebihi proyeksi yang ditentukan sebelumnya. Hasil kajian yang dilakukan oleh Bappenas sekitar tahun 2005, menunjukkan fenomena terjadinya laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi.
Sekadar catatan, hasil Sensus Penduduk 2010 yang dilansir BPS menunjukkan, jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 273 juta jiwa atau lebih tinggi sebesar 4,6 juta jiwa dari proyeksi yang sebesar 233,019 juta jiwa. Dari data tersebut, hanya dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur yang masuk dalam kriteria strict 0,74%.
Artinya hanya dua provinsi yang dapat menjaga laju pertumbuhan selama 10 tahun terakhir. Sementara tujuh provinsi masuk dalam kriteria moderat 1,18% dan 12 provinsi berada di bawah rata-rata. Sisanya melebihi 1,49%, bahkan Provinsi Papua memiliki laju pertumbuhan penduduk tertinggi, yakni sebesar 5,46%.
Dengan luas wilayah yang mencapai 1.910.931 km, maka rata-rata tingkat kepadatan penduduk Indonesia adalah sebesar 124 orang per km. Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi yang paling padat penduduknya, yakni sebesar 14.440 orang per km, sedangkan provinsi yang paling rendah tingkat kepadatan penduduknya adalah Provinsi Papua Barat sebesar delapan orang per km.

0 komentar:

Posting Komentar